Khasiat Pil Jamu Tradisional Ala Peternak Thailand

Khasiat Pil Jamu Tradisional Ala Peternak ThailandJamu merupakan salah satu istilah yang biasa digunakan oleh kalangan masyrakat untuk dalam hal obat-obatan yang di racik dengan bahan dan alat secara tradisional atau tanpa teknologi. Jamu memiliki khasiat banyak khasiatnya karena diolah dengan bahan-bahan alami dari tumbuhan yang kaya akan khasiatnya. Jamu juga sering digunakan untuk mengobati penyakit atau penetral pada manusia dan hewan. Dengan begitu jamu juga tidak asing lagi jika digunakan pada hewan khususnya seperti ayam jago.

Pemberian jamu pada ayam jago sering dimanfaatkan agar si ayam ini bisa menjadi lebih kuat, sehat, dan agresif. Terlebih bagi peternak ayam yang berdomisili di Indonesia sangat mudah dalam menemukan bahan-bahan ramuan yang akan digunakan untuk jamu tradisional. Selain itu dalam pembuatannya sangatlah tidak sulit untuk di racik. Sangat mudah. Bahkan anda bisa memodifikasikannya dalam bentuk suplemen atau kapsul yang di khususkan untuk kebutuhan ayam jago anda.

Dinegara seperti Thailand dan Myanmar sendiri, jamu yang di peruntukkan untuk ayam taji telah mengkemasnya dalam bentuk kapsul atau pil dan sangat populer bagi kalangan peternak ayam disana. Ditambah, para pecinta laga ayam disana telah membuat racikan nya sendiri untuk membentuk ayam adu nya menjadi sang petarung yang kuat.

Pemilihan jamu dalam bentuk pil ini supaya mempermudah anda untuk memberikan nya kepada sang ayam serta lebih awet dan tahan lama. Jika jamu ayam ini anda racik dalam bentuk lainnya maka akan mempersulit dalam proses pembuatan nya yang harus berulang kali serta takaran maupun bahan nya bisa saja habis atau pun akan berbeda.

Maka dari itu anda tidak perlu heran dengan para peternak adu ayam jago yang telah sukses membuat ayam nya menjuarai setiap pertandingan yang di selenggarakan. Adapun dari jenis-jenis pil yang dapat di racik ialah seperti pil kuat nafas, pil ayam kuat, pil ayam lebih agresif dan sebagainya.

Dengan demikian sebelum anda membuat pil tradisional ini ada baiknya untuk mempersiapkan bahan-bahan yang di butuhkan dalam racikan pil jamu ternak ayam thailand. Berikut beberapa bahan yang harus anda persiapkan dan cara pembutannya

Bahan Pil Jamu Tradisional Ala Peternak Thailand

  1. Gula merah
  2. Kunyit
  3. Serai
  4. Jahe
  5. Ikan tawar
  6. Umbi teki ungu
  7. Madu tawon
  8. Merica
  9. Daun jeruk
  10. Tanaman brotowoli
  11. Dan bahan-bahan pendukung

Cara Pembuatan Pil Jamu Tradisional Ala Peternak Thailand

Pil Jamu Untuk Rawatan Harian

Untuk proses pembuatannya yang pertama kali anda lakukan ialah rebus dahulu gula merah dengan air secukupnya, kemudian campurkan bahan-bahan seperti kunyit, jahe, umbi teki, serai dan sedikit madu. Usahakan bahan-bahan tersebut di cuci bersih dahulu lalu diparut atau ditumbuk hingga halus. Bisa juga anda menggunakan bahan-bahan yang sudah disediakan dalam bentuk bubuk.

Jika sudah dicampurkan, selanjutnya anda harus mengaduknya hingga ramuannya hingga menjadi seperti bentuk dodol. Jika sudah mengeras layaknya dodol , dinginkan dan bentuklah seperti bulatan-bulatan kecil agar membantu sang ayam untuk menelan pil yang sudah di persiapkan. Sesudah dibnetuk, lalu anda jemur dibawah terik matahari hingga mengeras. Setelah itu bungkus lah pil olahan anda tersebut dan simpan dalam wadah tertutup.

Pemberian pil ini ditujukan untuk usia ayam yang masih di umur 5 bulan ke atas agar menjaga kondisi dari kesehatan badan ayam, menjaga sistem penceranaan dan ayam rentan akan serangan penyakit. Berikanlah pil ini di setiap hari tepatnya pada waktu sore hari seusai anda memberikan pakan pada ayam. Berikan seperlunya saja sesuai yang dengan kondisi ayam.

Pil Jamu Untuk Ayam Dewasa Siap Adu

Masih menggunakan bahan yang sama, namun kali yang perlu anda tambah kan dari bahan sebelumnya ialah dengan bantuan bahan lainnya seperti ikan air tawar yang sudah di hancurkan. Kemudian disusul dengan bahan-bahan pembantu lainnya seperti kunyit, jahe, serai, daun jeruk nipis, umbi teki dan bawang putih. Tumbuk semua ramuan tersebut dalam sebuah wadah.

Jika sudah halus, tambahkan merica, madu dan batang tumbuhan brotowali. Pemberian ini dipercaya untuk memperpanjang nafas dan kekuatan pukul ayam adu serta manaikkan mental tarung ayam menjadi lebih agresif. Namun pil jamu ini dikhususkan untuk usia ayam dewasa. Cara pemberiannya pun sama saja namun di kombinasikan dengan pemberian kuning telur yang di berikan di pagi harinya.

Sekian dari artikel ini yang sudah admin simpulkan untuk anda dalam perawatan ayam laga. Semoga apa yang sudah di sampaikan bisa bermanfaat untuk anda terapkan di dalam keberlangsungan sukses anda dalam menjaga tumbuh kembang ayam bangkok anda. Terimakasih dan sampai berjumpa kembali dipembahasan berikutnya.

[IKLAN]
Agen Resmi S128

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 + six =